spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaDaerahTingkatkan Pasokan Listrik, PLN Lakukan Energize GISTET 500 kV...

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Lakukan Energize GISTET 500 kV Bekasi

Bekasi – Suara Kota |

PT PLN (Persero) terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan PLN adalah dengan menghadirkan gardu induk baru bertegangan tinggi.

Di Kota Bekasi, PLN meningkatkan keandalan pasokan listrik dengan menghadirkan Gardu Induk baru bertegangan tinggi, yaitu Gas Insulated Switchgear Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV Bekasi. Pembangunan Gardu Induk tersebut dilaksanakan oleh PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) berkolaborasi dengan Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB).

General Manager PLN UIT JBB, Jarot Setyawan mengatakan pembangunan gardu induk itu merupakan bagian dari inisiatif PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat di wilayah perkotaan.

“GISTET 500 kV Bekasi resmi dilakukan pembebanan listrik pertama (energize) pada 29 September 2024, dimana proses ini melibatkan pengaktifan seluruh sistem kelistrikan gardu induk untuk memastikan bahwa pasokan listrik berjalan dengan lancar dan peralatan berfungsi sesuai standar,” kata Jarot Setyawan melalui keterangan resminya, Rabu (2/10/2024)

Ia juga menerangkan bahwa seluruh personil dari Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pulogadung, Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Harapan Indah, dan Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat (UPP JBB) 3 turut bersiaga selama pelaksanaan dilakukan pembebanan listrik, guna memastikan kelancaran proses serta kesiapan infrastruktur.

“Dengan pengoperasian gardu induk baru, PLN berkomitmen meningkatkan kualitas layanan listrik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kota Bekasi dan sekitarnya,” ujar Jarot.

Di lokasi berbeda, Manager PLN UPT Pulogadung, Rizal Pahlevi menjelaskan betapa pentingnya pengoperasian GISTET 500 kV Bekasi, yaitu untuk menjaga keandalan pasokan listrik di wilayah tersebut.

Ia harapkan GISTET 500 kV Bekasi dapat memperkuat sistem kelistrikan di Kota Bekasi dan sekitarnya, juga memberikan pasokan listrik yang lebih stabil dan mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat, seiring pertumbuhan populasi dan perkembangan ekonomi di wilayah tersebut.

“Energize GISTET 500 kV Bekasi merupakan langkah strategis dalam menjamin ketersediaan listrik yang andal bagi masyarakat dan industri di Kota Bekasi. Seluruh personil kami bersiaga untuk memastikan sistem berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional,” ungkapnya.

(SK/Martchel)

Berita Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini