spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaDepokIngat! Jangan Kepedean, Koalisi Gemuk Belum Pasti Menang Pilkada...

Ingat! Jangan Kepedean, Koalisi Gemuk Belum Pasti Menang Pilkada Depok

Depok – Suara Kota |

Koalisi gemuk partai politik pendukung calon Walikota dan calon Wakil Walikota Depok tidak bisa percaya diri akan menang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok 2024.

“Pilkada itu bukan partai, tapi sosok atau figur. Jika bicara sosok maka partai itu berfungsi dua hal. Pertama rekomendasi, yang kedua adalah pada struktur partai politik, karena konstituen itu melihat sosoknya,” ucap Direktur Lembaga Studi Visi Nusantara, Yusfitriadi, Selasa (10/9/2024).

Yusfitriadi mengungkapkan, belum tentu yang di usung koalisi partai politik gemuk mendapatkan kemenangan. Begitupun yang di usung koalisi partai politik yang sedikit belum tentu kalah.

“Politik itu siapa yang bisa memainkan isu itu yang bisa memenangkan pertarungan,” ungkap Yusfitriadi.

Yusfitriadi membeberkan, ada sejumlah alasan masyarakat untuk mengubah arah dukungannya pada pilihan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Depok di Pilkada 2024.

“Alasan mengubah pilihan karena diberi uang presentasenya sebesar 23,86%. Lalu karena polularitas presentasenya sebesar 22,11%, karena kasus korupsi sebesar 17,19%, untuk komunikasi sebesar 16,84%, kasus hukum 14,04%, karena ikut pihak lain 1,40%, soal permasalahan partai 1,40%, lalu karena tekanan pihak lain 0,70%, dan terakhir karena alasan lain sebesar 2,46%,” rinci Yusfitriadi.

Seperti diketahui, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Depok, Supian Suri-Chandra Rahmansyah di usung oleh 12 partai politik, yaitu Gerindra, PAN, PKB, Demokrat, PPP, PDIP, Nasdem, Partai Ummat, PSI, Perindo, Parai Buruh, dan Partai Gelora. Sedangkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono-Ririn Farabi hanya di usung oleh 2 partai politik, yakni PKS dan Golkar.

(SK/Martchel)

Berita Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini